BERKUNJUNG KE HUTAN MANGROVE MUARA GEMBONG

Waw, Hari itu tanggal 13 Oktober 2015 bertepatan dengan hari yang sangat spesial di hidup saya. Seperti biasa, setiap tanggal 13 Oktober setiap tahunnya saya berkunjung ke alam sebagai rasa syukur masih diberikan napas hingga sekarang.

Saya tinggal di Sukatani, Kabupaten Bekasi. Awalnya bingung mau pergi kemana dan hampir gak jadi untuk pergi, tapi saya sangat niat sekali untuk pergi pada hari itu. Yang saya pikirkan yaitu tempat yang tidak begitu jauh dari rumah sekaligus mengeksplore pula daerah Kabupaten Bekasi.

Ketika saya mulai searching Google, entah kenapa saya sangat ingin mengunjungi Hutan Mangrove. Yang saya tau saat itu, Kabupaten Bekasi tempat wisata alamnya itu sangat sedikit dan tidak mungkin ada hal yang seperti itu. Ternyata saya salah, setelah mencari informasi ke teman saya, dan dengan mengejutkan dia bilang bahwa Kabupaten Bekasi punya hutan mangrove yang berada di Muara Gembong dan keren banget seperti di Kalimantan. Hm, saya langsung cari lagi gambar tentang Hutan Mangrove di daerah tersebut. Pada waktu muncul gambarnya benar-benar membuat saya ingin segera pergi ke sana untuk melihatnya.

Perjalanan dari Sukatani – Muara gembong menempuh sekitar kurang dari 2 jam kalau tidak salah. Pada waktu itu jalanannya masih kayak naik roller coaster dan masih dalam tahap perbaikan, mungkin sekarang sudah mulai mulus jalanannya.

Gambar diatas, lokasinya di Muara Bendera tempat kampung nelayan dan konservasi lutung Jawa yang merupakan hewan langka dan dilindungi.

Karena kemarin masih kemarau jadi tanahnya masih kering, sebenernya ini bukan Hutan Mangrove yang kita bisa jelajahi seperti di Kalimantan, adalagi tempat itu juga tapi lupa namanya Muara apa gitu. Yang saya kunjungi adalah tempat penanaman 1000 Mangrove yang dilakukan pemerintah kabupaten Bekasi untuk mencegah terjadinya abrasi.

Yang jelas cukup puas juga berkeliling dan ngobrol panjang lebar dengan penjaga konservasi lutung, beliau cerita banyak sekali tentang lutung-lutung yang di buru secara liar untuk di jual bahkan dibunuh entah untuk apa juga. Miris sekali, mereka juga makhluk hidup sama seperti kita yang menginginkan untuk terus hidup dan berkembang. STOP PERBURUAN LIAR!!! #SAVELUTUNGJAWA

Leave a Reply

