SIFAT KEWENANGAN

Menurut G. R. Terry, wewenang adalah kekuasaan resmi dan kekuasaan pejabat untuk menyuruh pihak lain supaya bertindak dan taat kepada pihak yang memiliki wewenang itu.

Dalam situs harupermadi.lecture.ub.ac.id/…/KEWENANGAN.pptx disebutkan ada beberapa sifat kewenangan yaitu :

  • Selalu terikat pada masa tertentu
  • selalu tunduk pada batas-batas yang ditentukan
  • Pelaksanaan kewenangan pemerintah terikat pada peraturan tertulis dan tidak tertulis

Selain beberapa sifat kewenangan tersebut, adapun yang dipaparkan pula dalam situs yang berbeda rusdianto.dosen.narotama.ac.id/files/2012/07/TEORI-KEWENANGAN.pptx sifat oleh Rusdianto bahwa kewenangan memiliki sifat sebagai berikut:

  • Kewenangan Terikat: apabila peraturan dasarnya menentukan kapan dan dalam keadaan bagaimana kewenangan tersebut dapat digunakan.
  • Kewenangan fakultatif: terjadi dalam hal badan tata usaha negara tidak wajib menerapkan wewenangnya atau sedikit banyak masih ada pilihan.
  • Kewenangan bebas: apabila peraturan dasarnya memberikan kebebasan kepada badan tata usaha negara untuk menentukan mengenai isi dari keputusan yang akan dikeluarkan. Kewenangan tersebut oleh Hadjon dibagi menjadi 2 yakni kewenangan i) untuk memutus secara mandiri, dan ii) kebebasan penilaian terhadap tersamar.

Adapun sifat kewenangan yang diperoleh dalam situs http://hendyakhmadi.blogspot.com/2012/03/tugas-mata-kuliah-politik-hukum.html yaitu:

.. kewenangan mempunyai sifat 2 macam yaitu kewenangan yang bersifat atributif dan yang lain adalah bersifat distributif. Kewenangan yang bersifat atributif adalah kewenangan bersifat melekat maksudnya kewenangan yang langsung diberikan oleh undang-undang. Sedangkan kewenangan yang bersifat distributif adalah kewenangan yang misalnya diberikan oleh atasan kepada bawahan dan hanya bersifat sementara.

Dalam situs http://dewaarka.wordpress.com/2011/01/21/hukum-administrasi-negara/ sifat kewenangan terbagi atas :

  • Harus berdasarkan peraturan perundang-undangan
  • Dapat, kebijaksanaan, peneliaan
  • Cacat wewenang. waktu, isi dan tempat

Daftar pustaka

Akhmadi, Hendy. 2012. Tinjauan Yuridis Kewenangan Aparat Dalam Menciptakan Produk Hukum. [Online]. Tersedia: http://hendyakhmadi.blogspot.com/2012/03/tugas-mata-kuliah-politik-hukum.html (28 September 2013)

Rusdianto. 2012. Teori Kewenangan (Theorie Van Bevoegheid). [Online]. Tersedia: http://rusdianto.dosen.narotama.ac.id/files/2012/07/TEORI-KEWENANGAN.pptx (28 September 2013)

Dewa. 2011. Hukum Administrasi Negara. [Online]. Tersedia: http://dewaarka.wordpress.com/2011/01/21/hukum-administrasi-negara/ (28 September 2013)

_____. Kewenangan. [Online]. Tersedia: harupermadi.lecture.ub.ac.id/…/KEWENANGAN.pptx (28 September 2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s