HATI-HATI PENIPUAN !!!

Selama ini saya menganggap kalau semua orang yang saya temui itu adalah orang baik, tetapi hal tersebut terbantahkan setelah saya mengalami pertama kalinya di tipu oleh orang lain di depan saya sendiri.

Buat temen-temen atau ibu/bapak yang lewat depan MD Plaza Parahyangan Bandung atau dimanapun anda berada. Hati-hati terhadap penipuan berkedok hadiah langsung dari “Jona Solution” atau “BIG HEALTH” atau “BIG STAR HEALTH” . Toko elektronik kecil ini bertempat di sebuah Mall dan berada dibelakang seperti terpencil. Saya sendiri adalah korban dan ada juga beberapa orang yang menghubungi via twitter saya terkena penipuan dengan jumlah uang jutaan rupiah. Modus penipuannya dengan cara kita diminta untuk memilih amplop yang ditawarkan oleh pihak mereka yang ketika dibuka amplop tersebut berisi voucher belanja 1,5 juta rupiah. Kemudian kita diminta untuk memperlihatkan KTP, lalu mereka juga memberikan amplop bonus juga yang ketika dibuka hadiah tersebut dengan kode VVIP. Mereka seolah-olah tidak percaya dan menelpon pihak sponsor yang nantinya kita diminta berbicara dengan pihak sponsor tersebut kemudian kita diberitahukan bahwa kita adalah orang pertama dari 2 hadiah voucher VVIP (Hadiah boleh pilih 3 macam produk jualan mereka) yang tersebar diseluruh Indonesia. Setelah itu, mereka ribut memberikan selamat dan minta traktir karena kita telah mendapatkan hadiah utama. Mereka juga menjelaskan bahwa kalau kami ingin mengambil hadiah tersebut harus belanja dulu di mereka dan mereka agak memaksa untuk hal ini. Jika kami deal mereka meminta kita untuk mentransferkan sejumlah uang seharga dengan barang yang kita beli di mereka. produk yang paling mereka banggakan adalah sebuah KOMPOR TANPA GAS. Beruntungnya saya segera sadar terhadap perilaku mencurigakan mereka hingga saya membatalkan untuk mendapatkan hadiah-hadiah tersebut dan pergi. Jujur saya langsung gemetar lemas dan yang saya pikirkan hanyalah “Google”, saya langsung browsing nama toko yang alhamdulillah masih saya ingat jelas dan hasilnya banyak sekali review di blog-blog orang lain mengenai toko ini yang menerterakan kata “penipuan” di Judulnya. Setelah itu saya posting di twitter untuk memberitahukan kepada masyarakat untuk berhati-hati, ternyata sampai dengan hari ini saya dengar banyak korban yang memang benar ceritanya persis seperti yang saya ceritakan. Kami ingin sekali polisi bertindak tetapi kami gagal, bukti kami tidak kuat.

Untuk teman-teman job-seeker freshgraduate maupun yang lainnya, hati-hati penipuan dengan berkedok penerimaan tes kerja. Salah satu contoh dari pengalaman saya dengan alamat email: hrd@chevronindonesia.tv (ini adalah penipu). Jika kita mengirimkan ke alamat emai tersebut, maka kita akan mendapat sms dan email balasan kurang lebih 1-2hari dan di dalamnya terdapat panduan dan surat yang menerterakan nama kita, bentuknya sama seperti asli tapi yang membedakannya perekrutan yang asli itu dilaksanakan tidak menggunakan “jasa travel/travell agent” yang mengharuskan kita untuk membayar uang transportasi via udara dengan cara booking mengguakan uang yang kita transfer ke mereka dan mereka menjanjikan kalau uang transportasi akan di refund atau dikembalikan oleh perusahaan pada saat selesai tes tersebut. Beruntung pada saat itu saya tidak terburu-buru untuk transfer dan saya buka kembali website perusahaan aslinya dan memang mereka juga memberikan peringatan bahwa kita harus berhati-hati terhadap penipuan.

Dari masalah tersebut, kita harus mengambil hikmahnya bahwa tidak semua orang di dunia ini baik. Tuhan memberitahukan secara tidak langsung bahwa orang-orang jahat itu ada. Semoga pengalaman saya dapat bermanfaat bagi semuanya🙂

3 thoughts on “HATI-HATI PENIPUAN !!!

Leave a Reply

