COMMUNITY BASED DEVELOPMENT (CBD) , SCHOOL BASED MANAJEMENT (SBM) , COMMUNITY LEARNING CENTER (CLC) , CORPORATION SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) , MODEL PENDIDIKAN BERBASIS LINGKUNGAN POTENSI

1. COMMUNITY BASED DEVELOPMENT (CBD)

Konsep Pendidikan Berbasis Masyarakat (PBM) merupakan impelementasi dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat. Dari konsep di atas dapat dinyatakan bahwa Pendidikan Berbasis Masyarakat adalah pendidikan yang dikelola oleh masyarakat dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di masyarakat dan menekankan pentingnya partisipasi masyarakat pada setiap kegiatan belajar serta bertujuan untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Konsep dan praktik PBM tersebut adalah untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, terampil, mandiri dan memiliki daya saing dengan melakukan program belajar yang sesuai kebutuhan masyarakat.

2. SCHOOL BASED MANAJEMENT (SBM)

SBM merupakan alternatif baru dalam pengelolaan pendidikan yang lebih menekankan pada kemandirian dan kreatifitas sekolah. Kemudian SBM biasa disebut dengan manajemen berbasis sekolah (MBS) adalah bentuk alternatif sekolah sebagai hasil dari desentralisasi pendidikan.

Tujuan MBS yaitu :

  1. Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengelola dan memberdayakan sumber daya yang tersedia;
  2. Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan melalui pengambilan keputusan bersama;
  3. Meningkatkan tanggungjawab sekolah kepada orangtua, masyarakat, dan pemerintah tentang mutu sekolahnya; dan
  4. Meningkatkan kompetisi yang sehat antar sekolah tentang mutu pendidikan yang akan dicapai.

Manfaat MBS, yaitu :

  1. Dengan kondisi setempat, sekolah dapat meningkatkan kesejahteraan guru sehingga dapat lebih berkonsentrasi pada tugasnya;
  2. Keleluasaan dalam mengelola sumberdaya dan dalam menyertakan masyarakat untuk berpartisipasi, mendorong profesionalisme kepala sekolah, dalam peranannya sebagai manajer maupun pemimpin sekolah;
  3. Guru didorong untuk berinovasi;
  4. Rasa tanggap sekolah terhadap kebutuhan setempat meningkat dan menjamin layanan pendidikan sesuai dengan tuntutan masyarakat sekolah dan peserta didik.

3. COMMUNITY LEARNING CENTER (CLC)

Contoh CLC ini yaitu PKBM (Pusat Kegiatan Belajar masyarakat).

Menurut Iis Prasetyo PKBM merupakan sebagai sebuah institusi bentuk formal dari kebutuhan pokok masyarakat, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat.

Karakter PKBM, yaitu: kepedulian, kemandirian, kebersamaan, kebermaknaan, kemitraan, fleksibelitas, dan pembaruan.

Program PKBM, yaitu: Paket A, B, dan C, PAUD, Keaksaraan Fungsional, Taman bacaan masyarakat, dan lain-lain.

Komponen PKBM, yaitu: komunitas binaan, warga belajar, pendidik/tutor/narasumber teknis, penyelenggaraan/pengelolaan PKBM, dan mitra.

4. CORPORATION SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)

CSR adalah sebuah pendekatan dimana perusahaan mengintegrasikan kepedulian sosial dalam operasi bisnis mereka dan dalam interaksi mereka dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) berdasarkan prinsip kesukarelaan dan kemitraan.

Pendidikan berbasis masyarakat dengan model CSR ini menitik beratkan pada perusahaan-perusahaan yang memberikan pengahrgaan kepada masyarakat melalui pendidikan untuk masyarakat luasnya. Sekolah/lembaga pendidikan dengan model CSR ini biasanya menerima bantuan dari perusahaan mitra berupa penggadaan sarana pendidikan dan pelatihan, melaksanakan pelatihan dan memberikan program beasiswa kepada anak-anak usia sekolah.

Contohnya: yayasan, beasiswa, dan lain-lain.

5. MODEL PENDIDIKAN BERBASIS LINGKUNGAN POTENSI

Model environmental learning digunakan dengan tujuan agar siswa dapat dengan mudah berinteraksi dengan bahan pelajaran yang telah disusun dan disesuaikan dengan model pembelajaran. Bahan pembelajaran yang disajikan kepada siswa disusun dengan melibatkan lingkungan sekitar. Artinya, pembelajaran bisa dilakukan tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas dengan tujuan agar siswa lebih nyaman dan aktif dalam proses pembelajaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s