Manfaat dan Dampak Evaluasi Pendidikan

 BAB I PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Evaluasi program adalah suatu unit atau atau kesatuan kegiatan yang bertujuan mengumpulkan informasi tentang realisasi atau implementasi dari suatu kebijakan, berlangsung dalam proses yang berkesinambungan, dan terjadi dalam suatu organisasi yang melibatkan sekelompok orang guna pengambilan keputusan.
Dalam melakukan evaluasi ada manfaat yang diharapkan, disini Manfaat dari evaluasi program dapat berupa penghentian program, ini dilakukan jika program tersebut tidak ada manfaatnya atau tidak sesuai dengan yang diharapkan. Selanjutnya yaitu merevisi program, jika ada bagian yang kurang sesuai dengan harapan (terdapat kesalahan tetapi hanya sedikit). Selanjutnya yaitu melanjutkan program, karena pelaksanaan program menunjukan bahwa segala sesuatu sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dan yang terakhir yaitu menyebarluaskan program (melaksanakan program di tempat-tempat lain atau mengulangi lagi program dilain waktu), karena program dapat disebut berhasil maka sangat baik jika dilaksanakan lagi di tempat dan waktu lain. Jadi dari penjelasan diatas dapat dipahami bahwa evaluasi perogram itu sangat penting dalam proses pencapaian program yang diharapkan yang mana apabila evaluasi program dilaksanakan, maka pencapaian program itu dapat terkontrol dengan baik dan bisa melakukan perbaikan apabila ada yang kurang dari hasil yang diharapkan.

1.2    Rumusan Masalah
1)    Apa yang dimaksud evaluasi program?
2)    Apa saja manfaat dari evaluasi program?
3)    Dampak apa saja yang dihasilkan dari evaluasi?
4)    Tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengetahui program itu berjalan atau tidak?

1.3    Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Evaluasi Program Pendidikan. Selain itu makalah ini juga dibuat agar penulis dapat lebih mengetahui lagi menganai apa itu evaluasi program, bagaimana evaluasi program itu dilaksanakan dan mengetahui tujuan dari evaluasi program. Selain itu dengan penulisan makalah ini juga dihapkan penulis dapat mengetahui lebih dalam apa manfaat dan dampak dari evaluasi program.

1.4    Metode penulisan
Metode penulisan makalah ini yaitu dengan melakukan kajian pustaka dan juga browsing internet.

BAB II PEMBAHASAN
2.1    Konsep Evaluasi Program
Evaluasi berasal dari kata “evaluation” dalam bahasa inggris yang berarti suatu upaya untuk menentukan nilai atau jumlah. Menurut Suchman (1961 dalam Anderson 1975) mengartikan evaluasi sebagai suatu proses menentukan hasil yang telah dicapai beberapa kegiatan yang telah direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan. Definisi yang lain berasal dari Worthern dan Sanders (1973, dalam Anderson 1971) yang mengatakan bahwa evaluasi adalah kegiatan mencari sesuatu yang berharga tentang sesuatu; termasuk mencari informasi yang bermanfaat dalam menilai keberadaan suatu program, produksi, prosedur, serta alternative strategi yang diajukan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sedangkan Stufflebeam(1971, dalam Fernandes 1984) mengatakan bahwa evaluasi merupakan proses penggambaran, pencarian, dan pemberian informasi yang sangat bermanfaat bagi pengambil keputusan (Arikunto, 2008). Berikut ini juga adalah defini evaluasi program menurut para ahli :
1)    Menurut Arikunto (1999: 290) “Evaluasi program adalah suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan sengaja untuk melihat keberhasilan program”.
2)    Evaluasi program merupakan sebuah proses untuk mengetahui apakah sebuah program dapat direalisasikan atau tidak dengan cara mengetahui efektifitas masing-masing komponennya melalui rangkain informasi yang diperoleh evaluator (Kirkpatrick 1996: 3).
3)    Evaluasi program adalah proses untuk mengetahui apakah tujuan pendidikan sudah dapat terealisasikan (Tyler, 1950).
Jadi, evaluasi program menurut penulis adalah berupa kegiatan mengumpulkan data dan informasi yang kemudian dianalisis sebagai bentuk supervisi untuk ditindaklanjuti dengan pembinaan yang tepat.
Menurut Suharsimi Arikunto (2004 : 13) ada dua tujuan evaluasi yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum diarahkan kepada program secara keseluruhan sedangkan tujuan khusus lebih difokuskan pada masing-masing komponen.
Implementasi program harus senantiasa di evaluasi untuk melihat sejauh mana program tersebut telah berhasil mencapai maksud pelaksanaan program yang telah ditetapkan sebelumnya. Tanpa adanya evaluasi, program-program yang berjalan tidak akan dapat dilihat efektifitasnya. Dengan demikian, kebijakan-kebijakan baru sehubungan dengan program itu tidak akan didukung oleh data. Karenanya, evaluasi program bertujuan untuk menyediakan data dan informasi serta rekomendasi bagi pengambil kebijakan (decision maker) untuk memutuskan apakah akan melanjutkan, memperbaiki atau menghentikan sebuah program.
Ditinjau dari bentuk-bentuk evaluasi, maka evaluasi bertujuan untuk, evaluasi formatif untuk bertujuan untuk perbaikan dan pengembangan kegiatan yang sedang berjalan, sedang evaluasi sumatif bertujuan untuk pertanggungjawaban, keterangan, seleksi dan lanjutan. Menurut Stufflebeam yang membagi evaluasi kepada proactive evaluation, yakni melayani pemegang keputusan, sedangkan retroactive evaluation bertujuan untuk keperluan pertanggungjawaban.

2.2 Manfaat Evaluasi Program
Disini evaluasi program merupakan langkah awal dari proses akreditasi dan validasi lembaga dapat pula diartikan sebagai kegiatan supervisi memiliki arti sebagai upaya melakukan peninjauan untuk memberikan pembinaan. Jadi, evaluasi program adalah langkah awal dalam supervisi yakni yang dilakukan adalah mengumpulkan data yang tepat yang kemudian dapat ditinjau dan diberikan pembinaan yang tepat pula.
Selain itu, evaluasi program juga dapat diartikan untuk melakukan validasi lembaga dan akreditasi. Jadi, evaluasi program tidak lain adalah supervisi pendidikan dalam pengertian khusus tertuju kepada lembaga secara keseluruhan.
Manfaat dari evaluasi program dilihat dari aspek umum dan aspek khususnya:
a)    Umum, secara umum manfaat evaluasi program adalah kegiatan sebagai realisasi suatu kebijakan;
b)    Khusus
1)    Manfaat evaluasi program bagi lembaga untuk meningkatkan pogram dalam mencapai tujuan, Sebagai pertanggung jawaban atas tugas kepada stakeholder, pimpinan, sponsor. Dan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan bahwa program perlu dilanjutkan, program perlu dilanjutkan, ditambah dananya karena merasa perlu, dana dikurangi karena kurang manfaatnya. Atau program dihentikan sama sekali karena menimbulkan dampak negative.
2)    Meningkatkan kualitas dan komponen-komponen Program, sementara secara lebih khususnya lagi evaluasi akan memberi manfaat bagi pihak-pihak yang terkait.

2.2    Dampak Evaluasi Program
Setiap kegiatan atau program dijalankan tidak selalu mulus pasti dilakukan evaluasi kembali untuk menindaklanjuti apakah program tersebut berjalan sesuai perencanaan atau tidak. Setelah perumusan evaluasi yang selanjutnya diaplikasikan kembali untuk melihat keberhasilan dari evaluasi apakah berdampak semakin baik atau semakin menurun.
Adapun tindakan yang dapat kita lakukan ketika mengetahui dampak evaluasi, yaitu:
1)    menghentikan program, hal ini dilakukan jika program tersebut tidak ada manfaatnya atau tidak terlaksana sebagaimana yg telah diharapkan;
2)    merevisi program, hal ini dilakukan karena ada bagian-bagian yang kurang sesuai dengan harapan (terdapat kesalahan tetapi hanya sedikit);
3)    melanjutkan program, hal ini dilakukan karena pelaksanaan program menunjukkan bahwa segala sesuatu telah berjalan sesuai dengan harapan dan memberikan hasil yang bermanfaat; dan
4)    menyebarluaskan program (melaksanakan program ditempat-tempat lain atau mengulangi lagi program dilain waktu), karena program tersebut berlangsung sangat baik maka sangat baik jika dilaksanakan lagi ditempat dan waktu lain.
Evaluasi dampak menurut Rossi dan freeman, 1985 adalah sebuah evaluasi yang mengukur taraf atau tingkat ketercapaian sebuah program dalam menyebabkan perubahan seseorang dalam kehidupan yang selanjutnya. Evaluasi dampak ini bisa juga dilihat dari definisi yang berbeda, misalnya menurut US Environmental Protection Agency mengartikan bahwa evaluasi dampak adalah sebuah bentuk evaluasi yang mengukur akibat dari sebuah program dengan membandingkan outcome yang dihasilkan  dengan taksiran awal apa yang akan terjadi apabila tidak mengikuti program yang ada (Wikipedia, 2008).
Sedangkan World Bank’s Independent Evaluation Group (IEG) mendefinisikan bahwa evaluasi dampak adalah suatu identifikasi sistematik tentang efek positif atau efek negatif, diharapkan atau tidak dari seseorang dalam rumahtangga, institusi dan lingkungan yang disebabkan oleh sebuah aktivitas program atau project yang diberikan sebelumnya (Wikipedia, 2008)
Evaluasi dampak bertujuan untuk mengukur akibat jangka panjang setelah seseorang menjalankan aktivitas program tertentu, baik yang berada dalam lingkungan rumahtangga, institusi, dan masyarakat pada umumnya. Sehingga ada penyediaan fitback untuk membantu memperbaiki desain sebuah program atau kebijakan.
Dalam bidang pendidikan evaluasi dampak ini dapat digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan sebuah system atau proses pendidikan yang telah dilakukan oleh seseorang dalam sekolah atau institusi tertentu yang lebih dititik beratkan pada tingkat keberhasilan outcome dalam masyarakat. Tingkat keberhasilan outcome ini mencakup berbagai hal, baik dari aspek perilaku maupun pengaplikasian ilmu yang didapat ketika menjalani program pendidikan.
Dengan adanya evaluasi ini secara umum diharapkan mampu memberi masukan tentang program pendidikan yang sudah ada baik dari sisi kelebihan maupun kekurangannya ketika sudah berada dalam kehidupan masyarakat yang sebenarnya. Dengan kata lain, dengan evaluasi ini diharapkan mampu meningkatkan akuntabilitas, sebagai pembelajaran yang dinamis, memberi kesempatan kepada pembuat keputusan untuk memperbaiki program pendidikan yang sedang berjalan dan pada akhirnya akan membantu pengalokasian dana yang lebih baik

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dalam implementasi program tidak seluruhnya program tersebut dapat terealisasikan, ada yang baik, dan ada yang buruk atau bahkan tidak terlaksana sama sekali. Maka, dilaksanakannya evaluasi program terutama diaspek kebijakan dengan berbagai tujuan khusus yaitu,
1)    Manfaat evaluasi program bagi lembaga untuk meningkatkan pogram dalam mencapai tujuan, Sebagai pertanggung jawaban atas tugas kepada stakeholder, pimpinan, sponsor. Dan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan bahwa program perlu dilanjutkan, program perlu dilanjutkan, ditambah dananya karena merasa perlu, dana dikurangi karena kurang manfaatnya. Atau program dihentikan sama sekali karena menimbulkan dampak negative.
2)    Meningkatkan kualitas dan komponen-komponen Program, sementara secara lebih khususnya lagi evaluasi akan memberi manfaat bagi pihak-pihak yang terkait.
Setelah program tersebut dilaksanakan maka, kita akan melihat evaluasi yang dilakukan setelah itu hasil evaluasi diterapkan kembali untuk melihat dampak evaluasi apakah sesuai dengan tujuan atau tidak sesuai dengan tujuan program tersebut.

DAFTAR PUSTAKA
1)    [Online]. Available at: http://kojingtechnolog.wordpress.com/2010/09/14/evaluasi-program-pendidikan/
2)    [Online]. Available at: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23917/3/Chapter%20II.pdf
3)    [Online]. Available at: file:///F:/bahan%20kelompok/Kireina_Ayix%20%20PENGERTIAN,%20MANFAAT%20DAN%20RUANG%20LINGKUP%20EVALUASI%20PROGRAM%20PENYULUHAN.htm
4)    [Online]. Available at: file:///F:/EVALUASI%20PROGRAM%20PENDIDIKAN%20(Prof.%20Dr.%20Suharsimi%20Arikunto)%20~%20MANAJEMEN%20PENDIDIKAN.htm
5)    [Online]. Available at: http://carapedia.com/pengertian_definisi_dampak_info2123.html
6)    Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s