Sekolah Unggul

SEKOLAH UNGGUL

Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal untuk menuntut ilmu. Sekolah pula memiliki bagian-bagian yang harus dijalankan agar sekolah tersebut menjadi unggul. Akreditasi merupakan salah satu aspek yang menyebabkan sekolah tersebut menjadi unggul. Tetapi, sekolah yang unggul tidak hanya dilihat dari akreditasi sekolah saja melainkan harus dilihat dari segi internal dan eksternal sekolah.

Sekolah unggul merupakan sekolah yang memiliki visi, misi, dan tujuan yang jelas. Sekolah dapat dikatakan unggul apabila Kepala sekolah menjelaskan tentang visi, misi, dan tujuan sekolah kepada stakeholder sekolah dan peserta didik. Jika seluruh masyarakat sekolah mengetahui visi, misi, dan tujuan sekolah, maka semua masyarakat sekolah pun akan satu pemikiran dan membantu sekolah dalam mencapai visi, misi, dan tujuannya tersebut.

Selain itu, sekolah yang unggul merupakan sekolah yang memiliki manajemen yang tertata mulai dari planning, organizing, actuating, controlling, dan lain-lain. Tidak hanya manajemen-nya saja yang tertata tetapi para stakeholder sekolah pun profesional dan memenuhi kualifikasi sebagai tenaga pendidik dan kependidikan serta mendapatkan kenyamanan dalam melaksanakan tugasnya, contohnya:

1)      Kepala Sekolah (sebagai supervisor sekolah yang membina dan membimbing guru, dll);

2)      Guru (sebagai pengajar yang mengajarkan kepada peserta didik tentang pengetahuan dan pengalaman, dll);

3)      Peserta didik (sebagai siswa yang di didik dan diajarkan oleh guru, dll);

4)      Tenaga kependidikan (sebagai pegawai sekolah yang bertugas untuk mengurus administrasi sekolah, dll);

5)      Komite sekolah (sebagai sarana adanya hubungan masyarakat antara sekolah dan masyarakat, dll),

Jika hal-hal yang disebutkan diatas dapat tertata, terkendali, dan terkelola dengan baik sesuai tugas dan fungsinya serta kepala sekolah, tenaga pendidik dan tenga pendidikan profesional yang sesuai dengan spesialisasi dan kualifikasinya, maka sekolah tersebut akan menjadi sekolah yang unggul dari segi internal sekolah.

Dari segi eksternal, peran masyarakat sebagai pendukung sekolah sangat penting bagi sekolah tersebut, karena sekolah dapat dikatakan unggul apabila banyak masyarakat yang membicarakan keunggulan sekolah mulai dari penataan sekolah, kenyamanan, prestasi, kurikulum, ekstrakurikuler, organisasi, dan hubungan masyarakat, dan lain-lain, hal-hal tersebut dapat membuat masyarakat tertarik untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Karena masyarakat kini menginginkan anak-anaknya untuk sekolah di tempat yang unggul agar output yang dihasilkan adalah peserta didik yang unggul dan berprestasi dalam menghadapi persaingan dan globalisasi.

Oleh karena itu, kedua sudut pandang dari segi internal dan eksternal tersebut sangat memengaruhi unggul atau tidaknya sebuah sekolah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s