Jenis Makanan yang Mempercantik Vs Makanan yang Merusak Kulit

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahan tentang jenis-jenis makanan yang dapat mempercantik kulit maupun jenis makanan yang dapat merusak kulit. cekidot­čśÇ

Menurut KLIKDOKTER.com – Kulit Anda merupakan suatu organ pada tubuh yang penting selain untuk kecantikan, kulit penting untuk melindungi tubuh kita dari beberapa faktor lingkungan seperti virus, bakteri, beberapa bahan kimia, dan perubahan temperatur. Kulit juga mengandung pigmen melanin yang melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet dari matahari.Untuk menjaga kesehatan kulit dibutuhkan upaya yang cukup berat. Nah, untuk melindungi kulit dan mempertahankan kesegaran kulit Anda ada beberapa jenis makanan yang dapat menjadi sumber nutrisi untuk kulit untuk kemudahan Anda menjaga kesehatan kulit.

1. Sayur dan Buah-buahan

Sayur dan buah-buahan merupakan grup makanan yang penting untuk kesehatan kulit Anda.

tanaman bayam

  • Bayam, merupakan sumber vitamin A yang ┬ádapat membantu menghilangkan jerawat dan membantu pemulihan kulit.
  • Kentang, merupakan sumber dari vitamin C yang dapat berperan dalam produksi kolagen. Kolagen merupakan suatu protein dalam kulit yang dapat meminimalkan keriput pada kulit dan mempertahankan kekenyalan kulit anda.
  • Blackberry, blueberry dan strawberry merupakan buah-buahan yang megandung antioksidan, berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Radikal bebas muncul akibat terpaparnya kulit oleh sinar ultraviolet dari matahari, dan untuk menangkal radikal bebas ini dibutuhkan antioxidan.

2. Produk susu

Yogurt dengan rendah lemak dan keju, memliki kandungan sama seperti bayam yaitu merupakan sumber vitamin A yang baik untuk kulit. Disamping itu, yogurt mengandung bacterium acidopholus yang membantu dalam proses pencernaan dan kesehatan dari saluran pencernaan yang dikaitkan dengan kesehatan kulit. Keju memiliki kadar selenium merupakan mineral yang dapat membuat kulit menjadi segar dan lembut.

3. Kacang

Dari banyak jenis kacang, hanya kacang Brazil yang sehat untuk kulit oleh karena produksi selenium oleh kacang jenis ini. Selenium selain dapat membuat kulit sehat, dapat juga memicu sintesis dari gluthathione. Sama seperti antioksidan yang terdapat dalam sayuran dan buah, gluthatione dapat menghilangkan sel kulit mati. Namun demikian, pastikan Anda tidak alergi terhadap kacang terlebih dahulu.

4. Ikan

Mengkonsumsi ikan setiap hari merupakan cara lain untuk menambah jumlah selenium ke dalam diet sehari-hari. Ikan segar mengandung selenium dan omega-3 yang peting dalam mencegah kulit keriput dan melembutkan kulit serta mengunrangi peradangan kulit.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

Selain makanan yang dapat membuat kulit cantik seperti yang dikatakan diatas, adapula jenis makanan yang dapat merusak kulit, ini dia ….­čÖé

DREAMERSRADIO.COM – Gemar menyantap makanan manis dan asin? Wah, para wanita mesti berpikir ulang untuk mengkonsumsi makanan asin atau manis dalam jumlah banyak. Karena hal ini berkaitan dengan kecantikan dan kesehatan kulit. Ada beberapa jenis makanan yang buruk untuk kulit.

Yuk cek jenis-jenis makanan yang dapat merusak kulit seperti dilansir dari Mag For Women :

Gula

Bila kamu penggemar makanan manis, coba kurangi asupan gula kedalam tubuh setiap harinya. Tak hanya bisa memicu obesitas dan diabetes, kadar gula yang tinggi juga dapat menyebabkan masalah kulit. Kadar gula tinggi dalam darah dapat merusak kolagen protein pada kulit yang dapat menyebabkan keriput dan garis halus pada kulit.

Garam

Ingin kulit cantik, sebaikya jauhi konsumsi garam berlebih. Yap, garam tak baik untuk kecantikan. Bengkak pada bawah mata bisa disebabkan karena konsumsi garam berlebih loh. Kelebihan garam dapat menyebabkan retensi air dan membuat terjadi pembengkakan seperti di bawah mata atau menyebabkan perut buncit.

Kopi

Kopi memang memiliki beragam manfaat. Tapi hati-hati jika kecanduan minuman satu ini. Minum kopi secara berlebihan dapat memicu terjadinya keriput pada kulit dan menyebabkan noda pada gigi. Kopi mengandung kafein tingi yang dapat meningkatkan produksi kortisol dalam tubuh yang bisa menyebabkan efek dehidrasi, sehingga membuat kulit mudah kering dan menyebabkan timbulnya keriput.

Gorengan dan Junk Food

Gorengan dan beragam makanan cepat saji mengandung lemak trans yang tinggi. Lemak jahat ini bisa mengurangi kekenyalan alami kulit dan membuat kulit tampak tua. Karena lemak trans yang pada aliran darah akan menumpuk pada pembuluh darah. Dan menyebabkan pembuluh darah menyempit. Sehingga peredaran darah tidak lancar dan kulit kehilangan kesegaran serta terlihat kusam gelap.

Makanan tinggi glisemik

Makanan tinggi glisemik seperti roti putih, pasta dan sereal komersial juga dapat mengurangi kekenyalan kulit. Jenis makanan tersebut dapat meningkatkan gula darah dan mempercepat proses penuaan karena makanan terseburt dapat memecah kolagen dan elastin yang sangat dibutuhkan untuk menutrisi kulit. Beralihlah dengan mengkonsumsi jenis roti gandum, ataupun pasta gandum yang tak hanya rendah kalori, juga baik untuk pencernaan dan kesehatan.

Nah Dreamers itulah beberapa jenis makanan yang mesti kamu hindari dan kurangi konsumsinya untuk tetap bisa menjaga kecantikanmu.

Sumber:

1. http://id.she.yahoo.com/4-jenis-makanan-untuk-kulit-042626637.html

2. http://id.she.yahoo.com/duh-5-jenis-makanan-ini-dapat-merusak-kecantikan-030200883.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s