Contoh RPP Berbasis CTL

Ready versi Microsoftword rpp ctl octavianinur1001629 (klik)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

1. Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Sosial

Materi Pokok                                : Kegiatan Pokok Ekonomi

Kelas / Semester                          : VII / Genap

Pertemuan ke                               : 1

Waktu                                            : 2 x 45 menit

2. Standar Kompetensi              : Kemampuan memahami unsur-unsur usaha   berekonomi

Kompetensi Dasar                      : Kemampuan menganalisis kegiatan pokok

ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Materi Pembelajaran                     :  Kegiatan Konsumsi Barang dan Jasa
  2. Kegiatan Belajar Mengajar / Skenario Pembelajaran

No.

Kegiatan

Waktu

Unsur CTL

1. Kegiatan awal   :Guru membuka pembelajaran dengan memberikan pertanyaan:

–          Barang apa saja yang kalian makan sehari-hari?

–          Apakah kalian menggunakan barang dalam kehidupan sehari-hari-hari?

–          Apakah kalian menggunakan angkutan ke sekolah?

  • Selanjutnya guru mengarahkan siswa agar tertarik terhadap materi Kegiatan konsumsi dengan menjelaskan bahwa konsumsi merupakan kegiatan pokok ekonomi yang dilakukan setiap hari oleh semua orang.
  • Pembentukan kelompok

–          Siswa diberi kartu yang berisi gambar bintang, topi, bebek, pelangi, gunung dan delman (6 kelompok)

–          Siswa bernyanyi sesuai dengan gambar sambil mencari teman yang menyanyikan lagu yang sama.

–          Setelah bertemu teman-temannya, siswa berkumpul masing-masing kelompok dengan jumlah anggota masing-masing 6 s.d. 7 orang.

 

5 menit Questioning
5 menit Learning Community
2. Kegiatan Inti :

  • Pembelajaran dilanjutkan dengan metode diskusi melalui cooperatif learning. Guru membagikan  soal yang berkaitan dengan Kegiatan konsumsi  kepada masing-masing kelompok.
  • Masing-masing kelompok mendiskusikan dan mencatat hasil diskusinya.
  • Tiap kelompok menyajikan hasil diskusi masing-masing kelompok 5 menit.
  • Hasil pekerjaan tiap kelompok dikumpulkan. Dan siswa kembali ke tempat duduk masing-masing.
  • Pembelajarn dilanjutkan dengan permainan ADU CEPAT MENJODOHKAN, dengan langkah-langkah:

–          Guru menyediakan kertas yang berisi pertanyaan disebelah kiri dan jawaban disebelah kanan. Guru menjelaskan cara pengerjaannya yaitu: satu orang anggota kelompok mengerjakan soal didepan, setelah itu dilanjutkan oleh anggota kelompok lain terus-menerus secara bergiliran selama 15 menit.

–          Kelompok yang paling banyak menjawab benar diberi hadiah/reword.

  • Hasil pekerjaan kelompok dalam permainan di kumpulkan.
20 menit

30 menit

Learning Community
20 menit

 

Authentic
3. Kegiatan Akhir  Guru memberikan waktu pada siswa untuk merenungkan kembali materi Kegiatan Konsumsi.

  Guru menyimpulkan materi.

  • Siswa mencatat hasil kesimpulannya.
10 menit Refleksi
  1. Sarana dan Sumber Pembelajaran

1)      Kartu bergambar bintang, topi, bebek, pelangi, gunung dan delman

2)      Buku Pelajaran IPS Ekonomi

3)      LKS

4)      Gambar-gambar prilaku Komsumsi

  1. Pendekatan dan Metode

1)      Pendekatan CTL

2)      Metode Diskusi dan Tanya jawab

3)      Model pembelajaran cooperative learning

  1. Penilaian

1)      Penilaian Proses Pembelajaran (Kognitif, Afektif dan Psikomotor)

2)      Penilaian hasil pekerjaan kelompok.

3)      Soal untuk tiap kelompok:

a)      Apa yang dimaksud dengan konsumsi dalam arti sempit?

b)      Apa yang dimaksud dengan  konsumsi dalam arti luas?

c)      Apa yang dimaksud dengan prilaku konsumtif?

d)     Jelaskan asas-asas dalam melakukan kegiatan konsumsi

e)       Sebutkan barang dan jasa yang digunakan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari!

f)       Sebutkan barang dan jasa yang digunakan oleh keluargamu dalam kehidupan sehari-hari!

g)      Sebutkan kebaikan dari prilaku konsumtif!

h)      Sebutkan kejelekan dari prilaku konsumtif

i)        Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan konsumsi!

Soal untuk permainan ADU CEPAT MENJODOHKAN terlampir

Format Penilaian Observasi (Kegiatan Siswa)

No.

Nama Siswa

Penilaian

Rata-rata

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

6

Keterangan :                                                                                        Skor

1) Aspek keaktifan                                                                                       50 – 100

2) Aspek penilaian

3) Kerjasama

4) Mengemukakan pendapat

5) Menjawab pertanyaan

Lampiran soal menjodohkan

KIRI

KANAN

1)      Kegiatan memakai atau menghabiskan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan disebut2)      Asas yang mengandung pengertian bahwa jumlah nilai barang yang dikonsumsi lebih kecil dari pada penghasilan.

3)      Asas yang mengandung arti penggunaan jumlah barang yang dikonsumsi sama dengan penghasilan.

4)      Andi sakit, sehingga ia berobat ke dokter. Kegiatan andi termasuk konsumsi

5)      adalah kecenderungan melakukan kegiatan konsumsi sebanyak mungkin.

6)      Orang yang melakukan kegiatan konsumsi

7)      Keburukan dari prilaku konsumtif yaitu berbelanja secara berlebihan mengakibatkan?

8)      Semakin banyak jumlah anggota keluarga maka penggunaan barang untuk dikonsumsi akan lebih?

9)      Jika harga barang mahal, maka jumlah konsumsi masyarakat  lebih?

10)  Asas  yang mengandung pengertian bahwa penggunaan barang/jasa yang dikonsumsi lebih besar daripadapenghasilan disebut

  1. Jasa
  2. Konsumen
  3. Sedikit
  4. Konsumtif
  5. Pemborosan
  6. Barang
  7. Banyak
  8. Konsumsi
  9. Asas Depisit
  10. Daya beli
  11. Asas berimbang
  12. Konsumtif
  13. Surplus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s