Tips makanan yang bantu menyembuhkan FLU

via KOMPAS.com – Musim hujan identik dengan serangan flu. Penurunan daya tahan tubuh menyebabkan virus penyebab flu mudah menginfeksi. Meningkatkan daya tahan tubuh menjadi satu-satunya cara menghalau serangan penyakit ini.

Vaksin ternyata bukan satu-satunya cara mencegah serangan flu. Menurut manajer konten kesehatan About.com, Rachel Berman R.D., hidangan yang dikomsumsi sehari-hari ternyata juga bisa berperan menjadi benteng terhadap serangan penyakit yang umum diderita masyarakat dunia ini.

Berikut beberapa asupan yang direkomendasikan Berman, sebagai pencegah serangan flu :

1. Biji labu (pumpkin seed)

Biji labu kaya akan kandungan zinc, yang dapat membantu sel darah putih melawan virus dan penyakit. Berbagai olahan berbahan dasar biji labu, bisa mencegah rasa bosan mengkonsumsi hidangan satu ini.

 2. Tuna

Ikan ini merupakan salah satu sumber selenium terbaik. Selenium melindungi sel tubuh dari bahaya radikal bebas dan meningkatkan ketahanan tubuh. Tentunya tuna bisa diaplikasikan dalam berbagai resep yang nikmat dikonsumsi.

3. Jamur

Jamur penuh dengan kandungan beta glucan, yang membantu tubuh melawan berbagai infeksi. Sup jamur dengan gandum menjadi salah satu resep yang disarankan Berman menghadapi flu.

4. Ubi

Jenis umbi yang sangat popular di Indonesia ini tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Ubi kaya vitamin A, yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas menjadi salah satu faktor yang melemahkan sistem imun, sehingga memudahkan infeksi bakteri dan virus.

5. Teh hijau

Teh merupakan salah satu minuman yang umum dikonsumsi masyarakat dunia. Selain menyegarkan, teh ternyata juga kaya manfaat. Teh hijau menjadi salah satu jenis minuman yang kaya antioksidan. Secangkir teh hijau hangat menjadi benteng pertahanan ampuh terhadap serangan flu.

6. Yogurt

Asupan berbahan susu ini ternyata tak sekedar nikmat dikonsumsi dengan rasanya yang asam segar. Proses fermentasi yang dilalui, menyebabkan yogurt kaya probiotik sehingga baik untuk tubuh. Probiotik memperkuat sistem ketahanan tubuh menghalau serangan flu.

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s